3.15.2019

BEEF BURGER WITH CHEESE


 porsi : 10 orang

  Lama tak posting menu, kali ini penulis akan kembali memulai untuk memposting menu-menu yang biasa disajikan di atas kapal niaga sesuai dengan profesi yang saat ini diemban oleh penulis, sebagai chief cook diatas kapal niaga berbendera Belanda.
kali ini saya akan memposting bagaimana cara membuat Beef Burger with Cheese, menu ini biasanya disajikan disore hari sebagai menu dinner diatas kapal Belanda atau kapal2 niaga berbendera internasional lainnya. Kunci utama kenikmatan penyajian beef burger adalah bagaimana kita mempersiapkan dan mengolah Beef Patty dan sauce untuk polesannya agar membuat rasanya menjadi lebih enak.

Burger Patty daging sapi :

-        - 1000 gram daging sapi, cincang
-        - 8 siung bawang putih, cincang
-        - 1 buah onion ukuran sedang, cincang
-        - 10 cm batang seledri ukuran besar, cincang
-        - 10 cm batang daun bawang ukuran besar, cincang
-        - 10 cm batang wortel ukuran sedang, cincang
-        - Garam dan lada secukupnya 
P    - Pala bubuk secukupnya
-        - Telur kocok 2 butir
-        - Bread crumb secukupnya.

Cara membuat :

Campur dan aduk semua bahan menjadi satu hingga rata. Tapi jangan mengaduk terlalu lama karena akan membuat daging menjadi keras saat dimasak. Kemudian bentuk menjadi bulatan Burger Patty @ 150 -200gr sesuai selera.

Sauce buat memoles Burger Bun:

-        -Tomato Ketchup 1 sendok makan
-       - Chili Sauce 2 sendok makan
-        -Madu 1 sendok makan
-       - Mayonaise 6 sendok makan

      Cara membuat sausnya :

      Campur dan aduk semua bahan menjadi satu.

      Cara membuat Beef Burger with Cheese...

-        Potong burger bun menjadi dua bagian dan oles bagian dalamnya dengan margarine setiap sisinya kemudian panaskan diatas fry pan sampai berwarna kecoklatan bagian dalamnya, sisihkan.
-        Masak Burger Patty  sampai tiga perempat matang diatas fry pan kemudian taruh irisan keju chedar diatasnya dan terus masak sampai kejunya agak meleleh, sisihkan.
-        Olesi setiap sisi dalam burger bun dengan sauce olesannya kemudian isi bagian bawah burger bun dengan selembar daun slada, irisan tomat, ketimun, irisan pickled cucuber (biasanya dijual dalam bentuk botolan), irisan bawang bowbay (bisa juga digrill terlebih dahulu atau disajikan mentah saja), kemudian burger pattynya dan terakhir ditutup dengan bagian atas burger bunnya.
Selesai sudah....Beef Burger with Cheese siap untuk disajikan.... Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment